Ada apa dengan blog dan jejaring sosial?

Mana yang duluan ada di internet, blog atau jejaring sosial (seperti friendster,facebook,twitter,plurk) ? Mana yang cenderung banyak digunakan, blog atau jejaring sosial ? Mana yang lebih bermanfaat, blog atau jejaring sosial ?

Apa benar sekarang blog bukan lagi tren di kalangan masyarakat internet ? Apa benar jumlah postingan blog sekarang cenderung berkurang ? Apa benar kehadiran jejaring sosial telah memberikan dampak yang besar pada dunia blog ?

BLOG vs JEJARING SOSIAL

Masih ingat saat-saat dimana blog menjadi ‘jamur’ ? Saat dimana blog berada di masa kejayaannya. Talk show mengenai blog diadakan dimana-mana, buku yang membahas blog menjadi yang paling banyak jumlahnya di toko buku, semua orang sibuk menceritakan segala kegiatannya sehari-hari di blog, masing-masing daerah tak mau kalah mendirikan komunitas blogger, bahkan pengetahuan mengenai blog menjadi salah satu materi yang diajarkan di sekolah. Hebat kan ? Betapa populernya blog saat itu. Saya juga tidak tahu persis kapan masa kejayaan blog itu berlangsung. Mungkinkah dulu atau mungkin sampai saat ini ?

Ada yang kenal jejaring sosial ? Oke, kalau ada yang tidak paham. Bagaimana dengan facebook, twitter, dan plurk ? Ketiga nama website tersebut tidak lain adalah contoh dari apa yang disebut dengan jejaring sosial atau social networking. Sesuatu yang telah menjadi tren di kalangan masyarakat saat ini. Bukan hanya mereka yang sudah lama mengenal internet, anak-anak usia sekolah dasar, ibu rumah tangga yang dulu sama sekali tak berinternet, sekarang mungkin sudah memiliki account pada minimal salah satu jejaring sosial tersebut. Tidak ada yang tidak mengenal facebook saat ini. Toko buku penuh dengan tema social networking dari penulis dan penerbit yang berbeda, telepon genggam sekarang punya fungsi lain yakni untuk meng-update status, setiap waktu selalu saja ada status yang baru.

SIMBIOSIS MUTUALISME

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup (bukan makhluk hidup, kali ini kita ganti menjadi hubungan antara blog dan social networking) yang saling menguntungkan satu dengan yang lainnya. Memang harus diakui secara kuantitas postingan blog sekarang menurun. Mengingat postingan blog yang ada selama ini kebanyakan berisi tentang kegiatan sehari-hari yang dialami oleh blogger itu sendiri. Nah, aktifitas tersebut sekarang sudah difasilitasi oleh social networking yaitu melalui kegiatan memperbarui status. Kuantitas menurun, lalu bagaimana dengan kualitas postingan blog itu sendiri? Karena mempublikasikan kegiatan sehari-hari lewat blog sudah tidak zamannya lagi, maka postingan blog yang ada saat ini tentu meningkat kualitasnya. Blogger pasti akan memikirkan baik-baik tulisan apa yang akan dipublikasikannya. Selain itu, sekarang dengan sangat mudah seorang blogger dapat mempromosikan blognya melalui jejaring sosial. Jejaring sosial pun akan memperoleh keuntungan dengan bertambahnya jumlah anggota yang dimilikinya, yang mungkin berasal dari blogger itu sendiri.

POSTINGAN BLOG DAN NOTE PADA FB, SAMAKAH ?

Pada jejaring sosial dalam hal ini facebook, terdapat sebuah fasilitas yang disebut ‘note’ atau catatan. Akhir-akhir ini teman facebook saya yang juga seorang blogger, sering menulis artikel pada note di facebook. Ketika saya blogwalking ke blog pribadinya, saya lihat tanggal postingan terakhirnya sudah cukup lama. Sangat berbeda dengan perkembangan tulisan yang dipublikasikannya lewat ‘note’. Lalu apakah sama postingan blog dan note pada facebook?

Menurut saya, tulisan yang kita publikasikan pada note adalah tulisan yang mudah dilupakan. Ketika tulisan tersebut sudah cukup lama dan aktifitas berkomentar dari pembaca sudah tidak ada. Maka ‘note’ tersebut akan dilupakan dan sepertinya jarang pemilik kembali melirik tulisannya disana. Inilah salah satu kekurangan ‘note’. Lain halnya dengan tulisan yang diposting pada blog. Melalui search engine tulisan blogger yang sudah ‘berusia’ bisa saja kembali dibaca.

Perbedaan lainnya, yaitu pada ‘note’ seseorang dapat di-tag agar dapat membaca tulisan yang dipublikasikan tersebut. Mungkin ini salah satu kelebihan yang dimiliki note pada facebook. Pembacanya jelas. Tidak seperti blog, yang bahkan pembacanya tidak pernah kita temui sama sekali.

ADA APA DENGAN BLOG DAN JEJARING SOSIAL ?

Tidak ada apa-apa sebenarnya. Semuanya baik-baik saja. Kembali pada kita selaku konsumen internet. Bagaimana kita dapat mengelola segalanya. Bagaimana kita dapat memanfaatkan blog dan jejaring sosial dengan baik. Menjaga eksistensi blog dan tidak kecanduan bermain facebook, twitter, plurk atau apapun namanya. Keep on writing ! Keep on blogging ! ^_^

Advertisements

The URI to TrackBack this entry is: https://andyhardiyanti.wordpress.com/2009/11/28/ada-apa-dengan-blog-dan-jejaring-sosial/trackback/

RSS feed for comments on this post.

26 CommentsLeave a comment

  1. salam knal ya………
    http://ismailkarim86.wordpress.com

  2. kunjungan balik.. menyempatkan singgah sejenak… salam kenal 😀

  3. jadi, tetaplah jadi blogger
    meski suka main facebook

    salam persahabatan 🙂

    • setuju 🙂
      sekarang saya malah lebih doyang ngeblog lho 😀

  4. Kunjungan malam…. pertamax…
    Ada apa ya? *balik nanya*

    Yang jelas nge-blog lebih asik, lebi memuaskan, dll…

    Salam kenal!

  5. setujuuuu… hidup blog!
    tapi harus diakui notes fb feedback pembacanya lebih banyak. mungkin karena lebih gampang comment nya..mungkin.

    • tulisan di note fb dicopy trus diposting ke blog juga 🙂

  6. hidup blogger!!!! saia teuteup dengan blognya, ga punya FB, Twitter or plurk, kl ym msh punya buat jualan pulsa hehehehe…. salam kenal balik ya?…

    • wah…gak punya fb-twitter-plurk? hebaaaattt 😀
      gak ngaruh ma social networking…*_*

  7. ngeblog sepertinya ngga bisa digantikan dengan yang lain ya mbak… sesuatu yang prosesnya panjang seperti menulis di blog rasanya akan lebih berbekas 🙂

  8. berkunjung…
    saya lebih suka Nge-blog ajah….

    • makasih atas kunjungannya 🙂
      hidup blog dah!~

  9. heu,,sebenarnya siy menurut saiiah blog lebih bermanfaat daripada jejaring sosial,,lebih informatif yah,,tapi tetep aja,, godaan utk aktif juga di jejaring sosial lebih besar,, hahay..

    • harus pintarpintar menahan godaan 🙂

  10. Ulasan yg menarik.. yang jelas social networking dan blog bukan lawan siapa2,, semuanya punya 2 sisi.. gelap ‘n terang.. byaaarrr ‘n pett… monggo kembalikan ke diri kita..

  11. tetep online, tetep posting….!! 😆

  12. berbagi ilmu di blog dan facebook,
    sama2 baik koq,bener ga?

  13. sya prefer ke blog dari pada note di fb. blog lebih universal dan bisa diakses lebih banyak orang, meski kita tidak kenal mereka. sementara note fb terbatas dan sulit muncul di search list google.

    salam kenal. 🙂

  14. hmm ulasan yang lumayan menarik… beberapa hari ini aku juga sedang berpikir sebenarnya jejaring sosial itu apa? manfaatnya apa? sepertinya jejaring sosial skrg kok malahan cocoknya buat data kependudukan yah, hihi… (data istri, suami, anak, saudara, dll ada semua!) cuma sayang…databasenya ada di luar negeri, yang seringkali tidak diperdulikan bahayanya oleh konsumen.

  15. . Wahh.. Kak Tutut Nyindir… haha… Habiss aku jadi aktif di FB….

    . hehe,,, Tapi sekarang aqu sudah Nge-Bog lagii loh kak..

    . Kak, Blog yang lama jangan di tinggali.. aku suka puisinya.. 🙂

    • lho? tersindir ya? hehehehe…
      keep blogging ! ;p


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: